24.4 C
Indonesia
Kamis, Juli 25, 2024
spot_img
spot_img

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024, Polres Nganjuk Siap Amankan Arus Mudik dan Balik

Beritanews9.id || Nganjuk – Polres Nganjuk menggelar Apel Gelar pasukan Operasi Ketupat Semeru 2024 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Apel digelar di halaman apel Mapolres Nganjuk dipimpin langsung oleh Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad, S.H., S.I.K., M.Si., Rabu (03/04/2024).

Apel Gelar pasukan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), Wakapolres, Pejabat Utama (PJU) serta Kapolsek jajaran Polres Nganjuk dan diikuti sebanyak 200 personel gabungan dari Polres Nganjuk, TNI dan Sub Den Pom 0810/Nganjuk, Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk, Satpol PP, Linmas, PMK, PMI, Pramuka, dan satuan kerja terkait.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023.

Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Oleh sebab itu, “saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal”.

Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi “ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024.

Ditemui setelah apel, Kapolres Nganjuk, mengatakan Polres Nganjuk telah menyiapkan 8 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan dan menyiapkan 672 personel terdiri dari gabungan TNI, Polri, POL, PP, DISHUB, DINKES, LINMAS, DAMKAR, PMI, PRAMUKA, SENKOM dan ORARI.

Pos – pos yang dipersiapkan Polres Nganjuk selama pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2023 adalah Pos Pelayanan Pujahito, Pos Pam Terminal, Pos Pam Kertosono, Pos Pam Barong, Pos Pam Kelutan, Pos Pam Wilangan, Pos Pam pace, Pos Pam Sedudo, Pos Pam Nyawiji.

“Untuk Personel dan semua kendaraan roda dua dan empat maupun alat pendukung Operasi Ketupat Semeru 2024 sudah 100 persen siap digunakan, petugas siap menempati posnya terhitung mulai nanti malam,” kata AKBP Muhammad. (HR)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
spot_img
spot_img

Most Popular