29.4 C
Indonesia
Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img
spot_img

Polisi Memberikan Himbauan Keselamatan Kepada Sopir dan Penumpang Bus

Beritanews9.id || SIDOARJO – Anggota Satlantas Polresta Sidoarjo memberikan himbauan kepada sopir bus dan penumpang di Terminal Purabaya Sidoarjo. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, terutama angkutan umum seperti bus.

Himbauan ini dilakukan pada Jumat (12/4/2024) terhadap sopir bus dan penumpang di Terminal Purabaya agar selalu menjaga keselamatan selama dalam perjalanan.

Kanit Turjawali Satlantas Polresta Sidoarjo, AKP Sugeng Sulistiyono mengatakan bahwa pihaknya secara masif selalu memberikan himbauan dan edukasi terhadap sopir-sopir bus dan penumpang diTerminal Purabaya Desa Bunggurasih Sidoarjo agar selalu berhati-hati disaat mengemudi.

“Kami secara masif memberikan himbauan dan edukasi kepada sopir bus di Terminal Purabaya, agar mengemudi dengan mentaati aturan lalu lintas yang baik,” kata Sugeng di Terminal Purabaya, Jumat (12/4/2024).

“Kegiatan ini guna meminimalisir angka kecelakaan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024,” imbuh Sugeng.

Sugeng menjelaskan, selain itu pihaknya juga menekankan terhadap sopir, untuk memastikan kendaraan yang digunakan laik jalan, dan semua kru bus tidak terpengaruh dengan minuman beralkohol, atau mengumsumsi narkotika.

“Kami juga mengingatkan kepada penumpang agar tidak segan-segan untuk menegur sopir-sopir bus. Pada saat mengemudikan bus secara ugal-ugalan. Karena dapat membahayakan keselamatan penumpang,” jelas Sugeng.

Ia menambahkan, sebagian besar kasus kecelakaan yang terjadi di jalan adanya kelalaian para pengendara. Termasuk kelalaian dari pengemudi bus, dengan kondisi jalan yang lebih baik membuat sopir-sopir terlena, sehingga menyebabkan daya konsentrasi sopir menurun.

“Oleh karena itu, kami tidak henti-hentinya memberikan himbauan dan edukasi pada sopir bus tersebut. Bahkan kami juga menyampaikan kepada mereka apabila sudah lelah mengemudi alangkah baik untuk istirahat sejenak,” tandas Sugeng.

Sementara itu, Samsul (42) pengemudi bus Laksamana Anda jurusan Surabaya-Malang mengaku, bahwa dirinya sangat senang dengan imbuhan dari Satlantas Polresta Sidoarjo.

“Demi keselamatan penumpang, kami sangat senang apabila ada penumpang yang menengur. Kami juga menyadari bahwa pengemudi itu biasanya kurang kontrol, dengan adanya teguran dari penumpang sangat kami hargai,” tandas Samsul.(Ali news)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
spot_img
spot_img

Most Popular